Selamat Datang di Blog KOMUNITAS DWIJA ARGA Ruang Berbagi Sesama Guru
Image by FlamingText.com
Image by makrufmarmah.com

Rabu, 23 Desember 2009

CARA MENENTUKAN KKM

Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah, sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pembelajaran. Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan KKM adalah sebagai berikut:

1. Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas!

2. Tentukan kekuatan/nilai untuk setiap aspek/komponen, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing aspek:

a. Aspek Kompleksitas:

Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.

b. Aspek Sumber Daya Pendukung

Semakin tinggi sumber daya pendukung maka nilainya semakin tinggi.

c. Aspek intake

Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya semakin tinggi.

3. Jumlahkan nilai setiap komponen, selanjutnya dibagi 3 untuk menentukan KKM setiap KD!

4. Jumlahkan seluruh KKM KD, selanjutnya dibagi dengan jumlah KD untuk menentukan KKM mata pelajaran!

5. KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi siswa.

CONTOH

MATA PELAJARAN : IPS

KELAS : IV

Jumlah KD : 10

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

KOMPLEK-SITAS

SUMBER DAYA PENDUKUNG

INTA

KE

(PO-

TENSI

SIS-

WA)

KETUN-

TASAN KD

(%)

Pendidik*)

Sarana

Prasa-rana**)

40 -100

40-100

40-100

40-100

1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/

kota dan provinsi

Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana

80

70

70

60

70

Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial dan budaya

70

70

70

60

66

Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatan-nya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat

60

70

70

60

63

Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)

70

80

70

70

72


Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya

70

80

70

70

72

Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya

60

80

70

60

67

2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/

kota dan provinsi

2.1. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

80

80

70

70

75

2.2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

80

80

70

70

75

2.3. Mengenal perkembang an teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakanny

70

70

70

70

70

2.4. Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

60

70

70

60

65

Jumlah

10 KD


695

KKM IPS Kelas IV

695 : 10 = 69,5

Keterangan

*) Pendidik : Evaluasi terhadap kemampuan diri sendiri

**) Sarana prasarana : Alat Peraga, Media, Buku Teks, lingkungan

Rentang nilai antara 40 – 100, merupakan nilai yang dapat ditentukan oleh sekolah untuk menentukan berapa besar kekuatan untuk masing-masing aspek/komponen.

Rentang Nilai:

80-100 : Tinggi

60-79 : Sedang

40-59 : Rendah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar